Cara Membangun Pengunjung Yang Loyal



Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Kali ini, saya akan membahas bagaimana cara membangun pengunjung yang loyal (setia). Pastinya sobat semua sudah mengoptimalkan SEO ( On Page, Off Page) pada blog sobat. Tahap setelah optimasi SEO adalah Membangun Pengunjung Yang Loyal. Pengunjung yang loyal adalah pengunjung yang berkunjung 2 kali atau lebih di satu blog pada waktu yang berbeda dengan atas kemauannya sendiri karena membutuhkan materi yang ada di dalam suatu blog. Kunjungan dari pengunjung yang loyal umumnya direct traffic. Karena sering kali tidak melakukan kunjungan langsung atau tidak melalui SE (Search Engine) tetapi langsung melalui kolom alamat browser, email, maupun social bookmark.

Cara Untuk Mendapatkan Pengunjung Yang Loyal

  1. Kualitas dan profesionalitas adalah segalanya. Semakin berkualitas dan profesional isi pada blog, semakin blog anda dianggap penting dan bermanfaat untuk pengunjung.
  2. Upgrade domain TLD (Top Level Domain) pada blog anda. Contoh: www.nama-anda.com. Karena semakin mudah di ingat dan semakin besar peluang direct traffic.
  3. Memasang widget bookmark/subcribe button dan email subscriber. Karena semakin banyak 'unique subscriber' dan semakin besar peluang visitor berkunjung kembali.
  4. Fokus pada suatu topik. Minimal anda punya 1 topik andalan, misal: topik tutorial blogspot. Karena semakin besar peluang untuk visitor kembali berkunjung pada blog anda. Pokoknya usahakan.. bila seseorang butuh topik tertentu (misal: tutorial blogspot) dia akan teringat pada blog anda. Blog anda tidak harus memiliki 1 topik saja. Tetapi sangat saya sarankan memiliki berbagai topik, tapi bila anda tahu bahwa pengunjung anda lebih memiliki minat pada topik tertentu di blog anda (misal: tutorial blogspot). Maka anda harus membuat prioritas khusus tentang topik tersebut dengan cara membuat page khusus, label, menu maupun tagging pada topik tersebut.
  5. Ada beberapa topik tertentu yang akan membuat visitor berkunjung kembali bila ia membutuhkannya kembali. Tugas anda adalah berburu topik tersebut. Berburu disini dimaksudkan berburu topik yang sedang populer. Sarana online yang sangat berguna adalah Google Insight dan Google Adword Keyword Tools.
  6. Jangan malu meminta pengunjung untuk berlangganan artikel/menjadi subcriber. Kalo perlu jelaskan manfaat menjadi subcriber. Atau bisa meletakkan widgetnya pada blog anda. Lalu ajaklah mereka jadi subcriber blog anda. Karena setiap anda update postingan. Otomatis postingan akan terkirim via email dan dikirim ke semua email subsriber (pelanggan) blog tersebut.
Tulisan diatas berdasarkan opini beserta tanggapan saya. Hem.. untuk mastah-mastah, mungkin tidak perlu membaca tulisan ini, karena mungkin pengunjung blog mastah-mastah juga dengan sendirinya akan kembali. Hehe.. *Piss

Semoga bermanfaat dan terimakasih.
Akhir kata..

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


Responses

0 Respones to "Cara Membangun Pengunjung Yang Loyal"

Posting Komentar

 

Visitors

Statistik

Return to top of page Copyright © 2010 | Ell-Xp Converted into Blogger Template by HackTutors